Anak Gunung Krakatau

04Des. 18
Pariwisata

Anak Gunung Krakatau

Anak Gunung Krakatau


Kepulauan Krakatau ( Rakata, Sertung, Panjang ) merupakan sisa dari pulau gunung merapi yang disebut Krakatau purba, mempunyai diameter 11 Km dan tinggi 2 Km ( tercatat pada Javanees Book of Kings ) yang diperkirakan meletus dan terpecah menjadi 3 gugusan pulau pada sekitar abad VI . Krakatau timbul sebagai gunung merapi yang aktif sampai mencapai ketinggian 830 meter dengan diameter 5 Km. aktifitas gunung merapi dimulai secara teratur pada bulan mei sampai bulan agustus 1883. Pertama kali meletus dari arah puncak perbuatan yang didahului dengan rangkaian gempa bumi dan pada tanggal 26 dan 27 agustus 1883 terjadi letusan dasyat yang terdengar sampai 4500 Km dari titik letusan, antara lain di Australia Selatan, Ceylon dan Filipina.
Kepulauan Krakatau mempunyai daya tarik yang unik, baik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara, khususnya bagi peneliti, karena pulau ini merupakan laboratorium alam bagi berbagai disiplin ilmu. Disamping itu, aktifitas anak Krakatau, sunset pada sore hari merupakan panorama alam yang sangat menarik untuk disaksikan. Gunung anak Krakatau muncul dari permukaan laut.
Jarak Tempuh dari Kantor Pemkab Lamsel menuju Dermaga Canti ±30 menit , dilanjutkan dari Dermaga Canti menuju Anak Gunung Krakatau ± 2 jam perjalanan.